popofmystory

Story About Single Life, Relationship & Marriage

5 Alasan Kenapa Membuat Blog

5 alasan kenapa membuat blog



Menulis Mengubah Hidup Saya


Tahun 2005, saya mencoba membuat blog menggunakan blogspot, tapi merasa bingung dengan layout blogspot, saya memilih membuat blog kembali. Kali ini menggunakan wordpress yang lebih mudah dalam pengamatan saya.

Waktu itu tidak ada alasan khusus. Saya memang senang menulis, jadi ketika hendak membuat blog tujuannya ya satu. Menyalurkan isi kepala sekaligus katarsis biar tetap waras. Yup, bagi saya menulis itu membawa perubahan dalam pola pikir saya selama ini, bahkan menulis diary di buku membantu saya melewati masa-masa depresi saat remaja.

Kalau disuruh membaca tulisan saya yang lampau, ada rasa malu sekaligus kagum. Betapa menggebunya saya dengan dunia tulis menulis, waktu blog yang saya miliki layaknya jurnal digital. Berisi semua emosi dan perasaan. Tidak peduli apakah akan ada yang membacanya.

Hajar saja.

Sampai saya bergabung di sebuah portal kepenulisan, memaksa saya untuk menunjukkan kualitas tulisan selama ini. Awalnya malu-malu, tapi terpacu ketika ada sebuah artikel saya masuk kategori favorit mingguan. Ini sebuah pencapaian bagi saya.

Di komunitas tersebut, saya banyak bertemu penulis handal. Layaknya orang kehausan ilmu, saya SKSD sama mereka, sembari menyerap ilmu-ilmu yang mereka miliki. Blog yang saya miliki bukan sekadar diary jurnal, tapi juga memberikan banyak manfaat buat pembaca.

Rasanya menyenangkan ketika mendapatkan sebuah pesan dari seorang pembaca, dia menunggu tulisan saya yang terbaru. Sebuah apresiasi kecil tapi memberikan makna bagi saya yang selama ini kurang percaya diri.


Latihan Menulis



Blog bagi saya merupakan wadah untuk latihan menulis. Dahulu, tulisan saya pendek-pendek, tanpa eyd ya pokoknya asal nulis. Lambat laun, saya berproses. Mulai terbiasa menulis kalimat-kalimat panjang, tapi tidak membuat pembaca eneg. Terbiasa menulis artikel minimal 500 kata dan tentu saja tetap belajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Saya juga belajar bagaimana membuat pembaca betah membaca tulisan yang saya rangkai satu per satu tanpa kelelahan dan merasa bosan. Pokoknya saya merasa tulisan menjadi lebih berprogress sejak menulis blog dan tentu saja diimbangi dengan membaca buku.


Mengabadikan Kenangan yang Bisa Saya Bagikan Untuk Orang Lain


Tidak hanya menjadi wadah untuk latihan menulis, blog menjadikan sarana bagi saya untuk mengabadikan kenangan yang nantinya bisa saya baca berulangkali dan tentu saja bisa dibaca oleh para pembaca juga.

Siapa tahu salah satu tulisan kita bisa memberikan inspirasi untuk orang lain. Ada salah satu tulisan saya mengenai pengalaman saya ganti pacu jantung yang membuat beberapa orang terbantu dengan tulisan ini.

Terkadang membaca tulisan lama itu, membuat saya kembali merasakan pengalaman yang telah lalu dan mengobati rasa rindu kepada suatu tempat, makanan atau bahkan pengalaman yang saya alami.


Membuat Saya Lebih Percaya Diri


Saya tipe orang yang lebih suka berada di belakang layar. Tidak mau terlalu menonjol diantara keramaian. Begitu juga saat kuliah, lebih suka menjadi konseptor ketimbang harus presentasi di depan umum.

Memiliki blog meningkatkan kepercayaan diri saya satu tingkat. Saya lebih berani menulis dan mengemukakan ide-ide dalam kepala kepada khalayak umum. Selain itu, menjadi blogger membuat saya sering bertemu public figure dan diundang ke acara-cara bergengsi. Mau tidak mau saya harus sedikit show off untuk menjalin relasi dengan mereka.

Mungkin bagi orang lain ini memang terlihat sepele, tapi bagi saya ini merupakan pencapaian terbesar dalam hidup. Pada akhirnya blog yang saya miliki memberikan peluang bagi saya untuk memperbaiki diri.


Sumber Passive income



Memiliki blog memang tidak serta merta akan langsung membuat kalian mendapatkan penghasilan. Paling tidak dengan seiring jalan blog yang kalian miliki semakin dikenal oleh banyak orang, maka tidak menutup kemungkinan akan membuka banyak peluang kerjasama dengan beberapa brand.

Penghasilan melalui blog memang bukan bersifat dari reguler, ada kalanya kamu berada di satu titik tidak mendapatkan penghasilan dari blog dan tetap harus memutar otak untuk tetap menghasilkan setiap bulan. Oleh karena itu dengan personal branding yang oke, percayalah blog yang kamu miliki bisa menjadi investasi dan tentu saja networking yang luas kalau kamu jalani dengan konsisten.

Kalau kamu, apa alasan menulis blog?


Baca juga:

Komentar

  1. jujur, tulisan kakak selalu bisa buat aku enjoy buat bacanya. ditambah template blognya manis banget betah ngebacanya. salken ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai hai, terima kasih apresiasinya loh. Salam kenal

      Hapus
  2. Ternyata memang si blog ini bisa dijadikan sumber passive income yaa Kakk, jadi asik bangettt

    BalasHapus
  3. Kak btw tahun 2005 saya masih usia 1 tahun🤣

    BalasHapus
  4. Jujur sih kak kalau aku pengen dapat passive income

    BalasHapus
  5. Senangnya apabila tulisan kita dapat membantu dan mengispirasi orang lain.

    BalasHapus

Posting Komentar